Sosial Media for Social Good Batam

photo by panitia
Di penghujung October ini tentunya menjadi kabar gembira bagi para pengguna social media di Batam. Dengan hadirnya Lokakarya Social Media for Social Good atau #SocMed4SocGood dilaksanakan dalam kolaborasi Greeneration Foundation dan Kedutaan Besar Amerika Serikat di Jakarta. Program ini hadir tidak terlepas dari peran pengguna internet yang semakin meningkat dan pengguna media sosial di Indonesia, yang ikut menduduki peringkat atas di dunia. 

#SocMed4SocGood
Dilansir tekno.kompas.com pada 26 Oktober 2016, menurut hasil penelitian yang dilakukan oleh Asosiasi Penyelenggara Jaringan Internet Indonesia (APJII) yang dilakukan selama 2016, menemukan bahwa dari 256,2 juta penduduk Indonesia, sebanyak 132,7 juta orang diantaranya telah terhubung ke internet.

Sementara dalam penggunaan media sosial, sebuah perusahaan riset dan analisis dari Inggris, TNS, menyebutkan bahwa Indonesia berada diperingkat ke-3 pengguna Instagram. Data lain menyebutkan bahwa Indonesia merupakan pengguna terbesar ke-3 Twitter, dan pengguna terbesar ke-4 media social Facebook.

Wow, sebuah angka yang fantasstis untuk ukuran pengguna internet di dunia. Dengan ini bisa dikatakan bahwa Indonesia bukan negara yang tertinggal untuk kategori melek internnet. Namun, dari survei yang dipresentasikan oleh APJII itu tercatat bahwa sekitar 86,3 juta orang atau 65 persen dari angka total pengguna internet tahun ini berada di Pulau Jawa. 

Selain itu  penggunaan media sosial yang masih didominasi kalangan anak muda dan di kawasan perkotaan seperti Jakarta dan beberapa kota besar lainnya di pulau jawa, sementara di daerah-daerah dan pulau lain pengguna media social masih relative rendah, padahal di beberapa daerah tersebut memiliki tingkat masalah lingkungan dan pendidikan yang sangat akut. 

Sehingga program ini hadir untuk mengajak dan memberikan wawasan kepada para masyarakat lokal, baik individu maupun komunitas dari berbagai sektor dan latar belakang untuk memanfaatkan kekuatan teknologi digital sehingga mampu berperan dalam mengatasi permasalahan local atau nasional yang dihadapi.

Hadirnya program ini di Batam tentunya disambut dengan antusias oleh para pengguna internet. Batam menjadi kota ke-6 program #SocMed4SocGood di tahun 2017 ini setelah sebelumnya dilaksanakan di Pontianak, Palembang, Banyuwangi, Maumere, dan Ambon. 
Kali ini Greeneration Foundation berkerjasama dengan Blogger Kepri sebagai mitra lokal pelaksana. Lokakarya ini mengundang 150 peserta yang merupakan pegiat media sosial di Batam. Para peserta terdiri dari berbagai kalangan, mulai dari pelajar, mahasiswa, karyawan swasta, wirausaha, fotografer, blogger, selebgram dan lain-lain.

Dalam rangkaian acara yang di gelar selama 2 hari di Convention room SMK Negeri 1 Batam ini  menghadirkan narasumber yakni Debby Yuni Anita Andri yang merupakan Owner of Zovenia Social Media Marketing; dan juga Akhyari Hananto yang merupakan Founder of Good News From Indonesia. 

Di tahun 2016 program lokakarya ini sudah mengaktifkan 1000 peserta #SocMed4SocGood 2016 di 6 kota dengan menghadirkan 12 narasumber gerakan sosial di Indonesia dan mencapai 7 juta impresi di media sosial dengan tagar #SocMed4SocGood. Harapannya dalam pelaksanaan lokakarya di 7 kota pada tahun ini semakin banyak peserta yang ikut dan aktif di gerakan sosial di Indonesia, di mulai dari media social dan terwujud di kehidupan nyata.

Di hari pertama Akhyari Hananto, membuka mata para peserta betapa cepatnya teknologi internet ini menyebar diseluruh dunia dan pengaruhnya bagi kehidupan sosial dari individu itu sendiri. Khususnya di Indonesia yang menjadi pengguna terbesar no 3 di dunia. Pengguna internet di Indonesia itu besar, kuat, muda dan aktif. 

Kemudian di hari kedua Debby menyampaikan materi tentang  social media for bussiness . Tentunya ini menjadi kunci untuk menciptakan sisi lain  social media yang kita gunakan selain untuk share foto dan postingan lainya. Bangun media sosial untuk menghasilnya nilai positive di kehidupan sossial juga di segi ekonomi.

Para peserta di bagi menjadi 10 kelompok yang di beri tugas untuk membuat kontent yang menarik dan bermanfaat dengan mengangkat isue-isue yang sedang berkembang di masyarakat. Kontent yang di ciptakan dalam bentuk vlog dan foto yang menyampaikan maksud dari tema yang diusung oleh para peserta.

“Gunakan media sosialmu untuk gerakan sosial. Mari jadi bagian dari solusi bukan masalah!” #SocMed4SocGood



  Foto bersama dengan anggota Blogger Kepri di atas panggung setelah acara usai
photo by panitia

 Keseruan para peserta berfoto dan selfi
photo by Mis Nuri
Para peserta tengah asik membuat konten

photo by panitia

photo by panitia

Pemenang lomba Vlog

photo by panitia

Foto bersama seluruh peserta dan panitia #SocMed4SocGood




Comments

Popular posts from this blog

5 Alasan Nuvasa Bay jadi pilihan yang tepat dalam mencari hunian Apartemen di Batam

Kunjungan Ibu Negara ke kontrakan Rakyat Jelata :)

3 Series Laptop Gaming ASUS ROG yang akan segera rilis ditahun 2024, yang mana pilihan favoritmu ?