Maksimalkan hobi belanjamu dengan 5 hal berikut

Gambar ilustrasi belanja online - Sumber : Beautynesia

Era yang serba digital seperti saat ini membuat semua hal yang kita lakukan menjadi lebih mudah. Dengan hadirnya tekhnologi yang semakin canggih dan memberikan manfaat bagi masyarakat tentunya memudahkan segala aktivitasnya. Mulai dari bangun tidur hingga tidur lagi tentunya kita menggunakan bantuan tekhnologi.

Seiring dengan perkembangan zaman dan kemajuan tekhnologi saat ini sudah banyak yang mengalami perubahan. Seperti handphone yang saat ini sudah bermetamorfosis menjadi smartphone. Dulu hanya berfungsi untuk telpon dan sms, kini sudah mulitifungsi bisa untuk berfoto, membuat video, mengirim email, mengerjakan tugas kantor layaknya komputer portable dan lain sebagianya.

Selain smartphone, kini hal-hal lain pun mengalami yang namanya perubahan. Berbelanja pun kini tak lagi harus di pasar untuk bertemu dengan penjual. Dari rumah sekalipun kita dapat membeli barang yang kita butuhkan, barang tersebut akan sampai ditangan kita kemudian. Pasalnya kita sudah bisa berbelanja tanpa harus keluar rumah, yaitu dengan berbelanja online melalui berbagai media belanja online yang tersebar di internet.

Di Indonesia sendiri sangat banyak sekali jenis dan macamnya toko online. Bisa dari Instagram, Facebook, dan berbagai marketplace. Contohnya ada Lazada, Buka Lapak, Blibli.com, Mataharimall, Shopee, Tokopedia dll. Berbagai toko online dan marketplace menawarkan ribuan barang yang siap dikirim ke calon pembelinya.

Dengan hadirnya toko online, ini membawa dampak positif bagi kita yang tentunya tidak dapat melakukan transaksi jual beli secara langsung. Ini sangat membantu kita untuk mendapatkan barang yang kita butuhkan. Misalnya kita mencari suatu barang yang susah kita dapatkan disekitar tempat tinggal kita, kita bisa mendapatkan nya dengan mudah di toko online. Jika kita bukanlah termasuk orang yang punya banyak waktu untuk pergi berbelanja, dengan hadirnya toko online sangat membantu kita. 

Seperti saya yang notabene adalah seorang pekerja dipagi hari dan seorang mahasiswa di malam hari. Senin sampai dengan Sabtu full dengan kegiatan di kantor dan di kampus. Tentunya sangat sedikit waktu yang saya miliki untuk pergi berbelanja. Saya sangat terbantu sekali dengan hadirnya toko online yang bisa saya akses kapan saja dan dimana saja asalkan ada internet yah... (hehhehe)

Pada dasarnya kita sebagai pembeli tidak bertemu dengan penjual secara langsung. Kita hanya tau penjual dari akun toko onlinenya saja tanpa tahu dan mengenal penjualnya. Maka dari itu kita harus sangat berhati-hati dan waspada dalam melakukan transaksi jual beli online. Berikut saya sharing beberapa hal yang harus diperhatikan berdasrakan pengalaman saya dalam transaksi jual beli online agar bisa berbelanja dengan aman dan hemat. Karena saya sadar bahwa kebutuhan dan keinginan akan berbelanjan itu kadang tidak bisa di tahan.

Sebagai #pejuangirit yang berpegang teguh pada prinsip ekonomi yang menyatakan pengeluaran yang sekecil-kecilnya untuk mendapatkan hasil yang semaksimal mungkin, yuk cermati 5 hal berikut untuk memaksimalkan hobi belanjamu :

1. RISET TOKO ONLINE
Sebagai #pejuangirit  dalam membeli barang-barang yang saya butuhkan saya sangat selektif. Selektif dalam menentukan barang, kualitas dan harga dan toko online sendiri tentunya. Dalam menentukan toko online yang akan kita pilih tentunya yang memberikan jaminan keamanan dalam transakasi jual beli yang akan kita lakukan
Apakah marketplace tersebut memberikan garansi terhadap barang yang kita beli, apabila terjadi hal-hal yang tidak sesuai dengan perjanjian. Apakah penjualnya terpercaya atai tidak, karena seakrang maraknya pembeli yang tertipu dengan penjual online abal-abal. Apakah saja fasilitas yang didapatkan oleh pembeli.

 
2. REKBER
Seorang #pejuangirit tentu saja sangat memperhatikan hal yang satu ini. Toko online tersebut memiliki akun rekening bersama atau tidak. Maraknya penipuan dari jual beli online adalah si pembeli setelah transfer uang kepada penjual, penjualnya lantas tidak menirimkan barangnya dan kabur. Sedangkan si pembeli tidak dapat menghubungi atau meminta pertanggung jawaban kepada si penjual. Hal ini tidak akan terjadi apabila kita bebelanja di marketplace yang memiliki akun rekening bersama. setelah si pembeli mentarnsfer uang pembayaran kepada marketplace kemudian penjual mengirimkan barang dan pembeli mengkonfirmasikan barang diterima, maka marketplace baru transfer uang pembayaran kepada pemnjual. Dengan begini penjual dan pembeli akan merasa diuntungkan dan lebig aman.
 
Rekber - sumber jasa rekber



3. KODE PROMO
#Pejuangirit sudah selayaknya memanfaatkan fasilitas yang satu ini. Hampir semua toko online ataupun marketplace menawarkan promo. Kebanyakan promo yang  ada menawarkan promo dalam betuk potongan harga untuk minimal pembelian tertentu. Nah kita juga harus jeli dalam memanfaatkan promo. Kalau kita tidak jeli, bisa saja kita di arahkan untuk mebeli barang dengan minimal pembelian ratusan ribu dan hanya mendapatkan potongan harga ribuan saja. yekan ga fair donk.  Ada juga marketplace yang menawarkan promo gratis ongkir untuk minimal pembelian tertentu. Beberapa marketplace juga memberikan promo-promo pada periode tertentu, seperti marketplace yang satu ini nih, 
Promo Event
4. RATING DAN TESTIMONI
Hal yang tidak kalah penting adalah penilaian konsumen terhadap produk ataupun penjual itu  sendiri. Penilaian dapat kita gunakan sebagai pertimbangan kita dalam melakukan pembelian terhadap satu produk. Produk atau toko online dengan rating dan testimoni yang baik tentu saja barangnya sudah banyak dibeli oleh konsumen dan konsumen puas dengan produk yang dibelinya. Dengan demikian mudah bagi kita untuk mendapatkan produk yang baik dimata pembeli.


5. CERMAT DAN TELITI
Yang terakhir, sebagai #Pejuangirit harus cermat dan teliti dalam berbelanja. Kalkulasi pengeluaran anda dalam berbelanja deangan cermat dan teliti, berapa harga dan jumlah barang yang akan dibeli ditambah ongkos kirim dan totalnya. Setelah memastikan semuanya sesuai, silahkan check out dan lakukan pembayaran.

Untuk memaksimalkan hobi belanja saya, saya membeli jilbab  Saudia Ansania. Setelah saya melakukan riset di beberapa marketplace mengenai jilbab yang saya beli, saya dapatkan jilbab Saudia Ansania untuk kriteria barang yang sama di Shopee dengan harga yang paling murah yaitu Rp 13.200
Jibab Saudia Ansania di Shopee - Rp 13.200

Jibab Saudia Ansania di Lazada - Rp 28.000 (lebih  mahal Rp 14.800)

Jibab Saudia Ansania di Bukalapak - Rp25.000 (lebih  mahal Rp 11.800)
Kalau ada yang lebih murah dari Shopee, uang anda kembali 2x lipat. #GaransiHargaTermurah
Untuk mendapatkan harga yang lebih murah saya membeli beberapa jilbab dengan jumlah banyak, dan mendapatkan subsidi gratis ongkir.

Selanjutnya saya melakukan pembayaran melalui ShopeePay untuk mendapatkan potongan diskon 10% dari total pembelian yang haru kia bayarkan.

Ok shopeeholic semoga sedikit pengalaman saya bisa membantu para #pejuangirit untuk memaksuimalkan hobi belanjanya. 

See you










Comments

Popular posts from this blog

5 Alasan Nuvasa Bay jadi pilihan yang tepat dalam mencari hunian Apartemen di Batam

Kunjungan Ibu Negara ke kontrakan Rakyat Jelata :)

3 Series Laptop Gaming ASUS ROG yang akan segera rilis ditahun 2024, yang mana pilihan favoritmu ?