Icip-icip Nasi Uduk Jakarta mpok Zubaedah

Numpang berteduh di dalam gubuk
Gubuk tua beratap jerami beralas tanah
Jangan ngaku  pencinta nasi uduk
Klo belum cobain nasi Uduk Jakarta mpok Zubaedah

Nasi Uduk Jakarta Mpok Zubaidah

Selama kurang lebih 5 tahun saya tinggal di Batam tidak sulit bagi saya untuk menemukan yang namanya nasi lemak. Hampir semua penyedia sarapan pagi menjual masakan suku Khas Melayu yang satu ini. (yaiyalah, secara tinggal nya ditanah Melayu, hehehe). Namun ketika saya mencari nasi uduk saya merasa kesulitan untuk mendapatkannya. Waktu masih tinggal di Jawa ini bukan hal yang sulit bagi saya.

Oh ya, apasih bedanya nasi lemak  dengan nasi uduk?
Yang membedakan nasi lemak  dengan nasi uduk  yaitu dari aromanya, rasa dan tampilan. Walaupun kalau dari segi rasa hampir-hampir mirip, bagi seorang gustatory pasti dapat membedakanyakeunikan masing-masing.  Nasi lemak menggunakan kayu manis dan serai sedangkan nasi uduk menggunakan bumbu lebih beragam, tergantung asalnya; apakah Palmerah, Kebon Kacang, Pulogadung, Klender, atau lainnya.

Nasi uduk dipengaruhi makanan Sunda, kalau nasi lemak ada pengaruh Melayu. Nasi lemak ada rendang, telur dibelah dua, sambal blacan, ikan asin kering, ataupun teri kecil (orang medan bilang : bilis). Sementara, nasi uduk ada ayam goreng dan semur.

Nah itulah sekilas perbedaan dari nasi uduk dan nasi lemak. Sudah tau kan perbedaan nya, yok ikutin cerita kuliner saya bersama teman-teman blogger.

Minngu kemaren saya berkesempatan buat icip-icip nasi uduk nya Mpok Zubaedah. Yes, saya berangkat bareng sama mbak Icha salah satu temen Blogger yang juga merupakan temen kerja. Walaupun kami belum tau tempatnya, berbekal peta dora dari g-map, kami telususri jalan sampai menemukan hotel Vanila yang berwarna kuning. Dengan pede nya kami langsung cus dari muka kuning langsung cus ke Penuin. Perasaan takut nyasar dan terlamat sampai di TKP, membuat saya melaju membawa motor lebih cepat. Alhasil kami  berdua sampai di sana jam 3.15 terlambat 15 menit dari yang seharusnya. kami langsung cipika-cipiki dengan rekan blogger yang lain seperti teh Lina, kak Anisa, Kak Chay, dan yang lainya.

Hotel Vanila tampak depan
Pas banget kami yang baru saampai disana langsung di datengin waiters yang menawarkan berbagai menu minuman. Berhubung cuaca panas saya pilih Ice lemon tea untuk menemani makan nasi uduk yang sudah terlebih dahulu di pesan oleh teh Lina. Tidak sampai 5 menit minuman yang dipesan pun datang, dengan segera saya menyruput nya.

Sembari menunggu nasi uduk dihidangkan, saya mencoba mengakrabkan diri dengan temen-temen blogger. Di blogger Kepri saya masih newbie, ini kali kedua saya ikut kopdar dengan temen-temen. Dari hasil cuap-cuap dengan temen baru saya mengenal dapat kenalan baru speri Mas Reza plus istri, kak Chaycha (susyahh nuulis namanya), kak Anisa, bg Uma, bg Roy, Dani, Teh Lina (sebelumnya sudah pernah ketemu di Kelas Inspirasi batam), dan satu lagi namanya Chay (secara tidak sengaja ternyata sudah ketemu saat treking ke Pancur minggu pagi sebelum menghadiri undangan ini).

Ketika mbak Indira menyuguhkan hidangan nasi uduk dan berbagai hidangan pelengkap disambut hangat oleh para penikmat kuliner seperti kami. Beberapa rekan blogger sibuk mengambil gambar sebagai bahan tulisan nya, ada juga yang berselfie ria.

Temen-temen blogger beraksi
ntah siapa punya kerjaan inih
Hidangan yang disuguhkan beragam, mulai dari nasi uduk, ayam goreng, sate udang, sate telur puyuh, sate ati ampela, tahu tempe, ada juga tambahan urab nya. Oh ya, sambal nya juga tidak ketinggalan. Yang khas dari Nasi Uduk Jakarta Mpok Zubaidah adalah sambal nya. Sambal nya ada 2 jenis, sambal cabai yang pesdesnya esndesss banget dan satu lagi sambal kacang. Sambal kacang nya pun lain, bener-bener khas Mpok Zubaidah.

Nasi uduk dan aneka sate
Kami yang penasaran dengan aroma khasa nya nasi uduk pun langsung mengambil bagian masing-masing. Memang benar, dari aroma nya saja sudah bisa ditebak rasanya. Rasanya memang lain, endess lah kalo saya nilai. Nasi nya gurih, ayam nya lembut dan sambal nya joss, pedes nya bikin nagih.Saya yang biasanya makan sedikit aja ga habis, kali ini lahap banget. Kalo tidak malu saya mau nambah lagi, hihihi sayang nya sudah habis dilahap temen-temen yang lain.

Makanan yang disuguhkan di bandrol dengan harga yang sangat terjangkau apalagi untuk kantong anak kuliahan seperti saya. Untuk satu porsi nasi uduk dihargai Rp 3.500 saja, dan berbagai lau tambahan nya mulai dan Rp 1.000 sd Rp 18.000. Tuh kan masih lebih murah daripada isi bensin full tank. apasehhh

Untuk lokasi nya sendiri sangat mudah ditemukan oleh orang awam sekalipun seperti saya. Nasi Uduk Jakarta Mpok Zubaidah berada di Alamak Kopi Tiam, stall no 16 Lantai dasar Hotel Vanila Jalan Pembangunan, Penuai - Lubuk Baja. Buka setiap hari mulai dari jam 8  sd jam 10 malam. Pas banget buat kita cari sarapan pagi-pagi. Kalo ga mau repot-repot natri ataupun kejauhan dari tempat tinggal nya, bisa juga pesan melalaui go-Food. Tuh kan semakin dipermudah. Hayooo, tunggu apalagi.

Kami pun sempat berbincang-bincang dengan pemilik nya Mbak Indira berserta suami. Mereka ramah dalam menjawab berbagai pertanyaan yang diajukan oleh temen temen blogger. Harap maklum ya mbak.

Mbak Indira dan Suami
Pasti dari tadi bertanya-tanya kenapa namnya Nasi Uduk Jakarta Mpok Zubaidah, padahal yang empunya namanya mbak Indira. Ceritanya nama ini adalah na Ibu dari mbak Indira, sosok yang menginspirasi beliau untuk membuka kedai ini. Pada awalanya ibu Zubaidah tidak menyetujui adanya embel-embel nama beliau digunakan untuk penamaan kedai ini. Namun dengan kegigihan dan keyakinan mbak Indira beserta suami, bahwa nama beliau akan menjadi branding bagi usahanya. Mbak Indira yang juga merupakan seorang design grafis merancang design untuk kedai nya tersebut dengan dibubuhi lebel Zubaedah,  finnaly ibu Zubaidah tidak bisa menolak keinginan sang putri. Dan pada tanggal 21 April lalu mereka meresmikan pembukaaan Nasi Uduk Jakarta mpok Zubaedah. 

Well selamat ya mbak Indira, atas pembukaan Nassi Uduk Jakarta mpok Zubaidah. bagi temen-temen yang masih penasaran bisa langsung kunjungin kedai nya yah. selamat mencoba :)
Berikut beberapa cuplikan menu nya,

Menu sate

Tempe goreng tanpa tepung ( menu kesukaan saya )



Duo sambal endess yang bikin nagih

ayam goyeng upin ipin yang lembut

Paru, tempe dan tahu goreng sebai menu pendamping

Price List

Tempat nya bersih dan nyaman

Comments

Popular posts from this blog

5 Alasan Nuvasa Bay jadi pilihan yang tepat dalam mencari hunian Apartemen di Batam

Kunjungan Ibu Negara ke kontrakan Rakyat Jelata :)

3 Series Laptop Gaming ASUS ROG yang akan segera rilis ditahun 2024, yang mana pilihan favoritmu ?